Latest News

Cara Menghitung Perkalian dan Pembagian Pecahan Biasa serta Campuran

penjumlahan dan pengurangan pecahan telah kita bahas sebelumnya, sehingga kali ini saya akan memberikan materi yang lebih tinggi lagi yaitu mengenai perkalian dan pembagian. Yuk, mari kita bahas satu demi satu.


1. Perkalian


Adalah mudah untuk mendapatkan hasil dari perkalian pecahan biasa karena kamu hanya harus mengalikan baik pembilang dengan penyebut.


Contoh:





















Contoh di atas menunjukkan bahwa perkalian pecahan hanya dilakukan dengan cara mengalikan pembilang dengan pembilang, kemudian penyebut juga dikalikan dengan penyebut. Simple bukan? Sementara itu, untuk pecahan campuran, maka ubah dahulu pecahan campuran ke dalam pecahan biasa, baru kemudian kalikan pecahan tersebut sama seperti contoh di atas.


Contoh:





















Di dalam perkalian pecahan, ada juga perkalian bilangan cacah dengan pecahan. Berikut ini contoh soalnya.





























2. Pembagian



Untuk pembagian, kamu hanya harus membalik pecahan kemudian melakukan operasi yang sama dengan pembagian.


Contoh soal:





















Lihat contoh soal di atas, saya membalik pecahan 2/3 menjadi 3/2 kemudian mengalikannya. Begitu saja caranya. Bagaimana sangat mudah bukan? Untuk pecahan campuran, maka lakukan cara yang sama yaitu ubah dulu ke dalam pecahan biasa, baru kemudian lakukan operasi yang sama seperti di atas.


Sementara itu, pada pembagian antara bilangan pecahan dengan bilangan cacah, maka ubah bilangan cacah ke bilangan pecahan kemudian lakukan operasi seperti biasa.


Contoh soal:















Semoga apa yang saya berikan di atas bisa bermanfaat bagi Anda.

0 Response to "Cara Menghitung Perkalian dan Pembagian Pecahan Biasa serta Campuran"